Media Dalam Dunia Pembelajaran

Belajar adalah sesuatu yang kompleks pada tiap individu yang terjadi sepanjang hayat. Proses yang terjadi karena interaksi seseorang dengan lingkungan. Belajar dapat terjadi di mana pun, kapan pun baik secara formal dan informal. Penyelenggaraan yang dilakukan secara formal memiliki tujuan pembelajaran untuk mengarahkan peserta didiknya. Tujuan pembelajaran dirancang terencana baik secara pengetahuan,keterampilan,serta budi pekerti. Untuk mencapai tujuan,pembelajaran secara formal harus didukung dengan adanya pendidik,fasilitas,dan pastinya media pembelajaran. Seiring dengan perkembangan pengetahuan dan teknologi,pendidik harus mampu menggunakan alat yang tersedia. Pendidik juga diharapkan menciptakan media yang belum ada. Dengan adanya media kegiatan proses belajar mengajar akan lebih efektif dan efesien. Membantu pendidik dalam memberikan materi dan meningkatkan kualitas belajar peserta didik. Sehingga dengan adanya media dapat mewujudkan tujuan pembelajaran dalam proses belajar mengajar.

Media berasal dari bahasa Latin,Medius yang berarti perantara,pengantar pesan atau informasi dari kmunikan kepada komunikator. Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang membantu dan mempermudah kegiatan pembelajaran demi mencapai tujuan pendidikan. Media sangat berpengaruh dalam dunia pendidikan. Dengan adanya media,penyampaian pesan akan lebih mudah, efektiv dan efisien,produktivitas minat belajar peserta didik meningkat. Pembelajaran akan terasa lebih menyenangkan dan menarik perhatian peserta didik sehingga menumbuhkan motivasi belajar. Materi ajar yang diberikan akan lebih jelas dan mudah dipahami memungkinkan peserta didik menguasai tujuan dari pembelajaran. Metode pembelajaran akan lebih bervariasi,tidak hanya pendidik yang menuturkan materi tapi peserta didik melalui diskusi mampu mengemukakan pendapat sehingga tidak menimbulkan suasana bosan dalam pembelajaran. Taraf pemikiran manusia yang mengikuti perkembangan dari berpikir kongkret menuju berpikir abstrak. Dengan media pembelajaran yang abstrak dapat dikongkretkan sehingga konsep yang abstrak dapat dipahami lebih mudah.

Upaya peningkatan kualitas proses dan hasil belajar peserta didik pada setiap jenjang pendidikan demi terciptanya sumber daya manusia yang berkualitas. Dengan sumber daya manusia yang berkualitas tinggi maka lahirlah bangsa yang besar. Untuk menunjang pendidikan yang berkualitas maka dibutuhkan sesuatu yang membantu pelaksanaan tersebut. Media merupakan salah satu penunjang pembelajaran yang berkualitas. Media juga memberikan solusi bagi permasalahan pendidikan yang terjadi. Banyak manfaat dan fungsi dengan adanya media pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran pada jenjang sekolah membuat pembelajaran yang terjadi lebih efektif dan efisien. Hal tersebut berpengaruh begitu besar terhadap pertumbuhan kualitas sumber daya manusia di Indonesia.

by : siti lestari

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to " "

Posting Komentar